Home
Rincian Lengkap dari SSD PCIe 5.0 yang Secepat Kilat

Rincian Lengkap dari SSD PCIe 5.0 yang Secepat Kilat

Pembukaan


Setiap tahun, hardware PC semakin cepat, seringnya karena margin yang terlihat. Ketika kita meninggalkan HDD ke SSD, lonjakan kecepatan sangatlah besar dan mengubah responsivitas dari PC dan operating system yang berjalan. Sekarang, dengan kemajuan perangkat PCIe 5.0, kita melihat peningkatan besar untuk data throughput bagi komponen seperti kartu grafis, penyimpanan, network cards, dan capture cards, diantara komponen lainnya. Walaupun perangkat lainnya butuh waktu yang lama untuk memanfaatkan peningkatan kecepatan bandwidth, perangkat penyimpanan seperti SSD dapat beradaptasi dan meningkatkan kecepatan. Namun, sebelum kami membicarakan detail lebih lanjut mengenai PCIe 5.0 NVMe SSD, mari pelajari lebih lanjut mengenai standar konektivitas yang memfasilitasi peningkatan berikut.


Apa itu PCIe 5.0?


Peripheral Component Interconnect Express, atau PCIe, merupakan standar konektivitas tambahan untuk komputer yang sudah digunakan sejak 2003. Memberikan CPU Anda sebuah cara untuk berkomunikasi dengan komponen seperti kartu grafis, penyimpanan, network adapter, dan lain-lainnya melalui motherboard. Meskipun begitu, standar ini tidaklah stagnan, namun terus berevolusi untuk mengakomodasi teknologi dan perangkat yang lebih cepat. Evolusi ini bernama generasi PCIe dan dilambangkan dengan angka di sebelah kata 'PCIe.'


PCIe 5.0

            Seperti yang bisa Anda lihat, tiap generasi berikutnya membawa peningkatan kecepatan yang nyata - memberi Anda akses ke perangkat yang lebih cepat.


SSD PCIe 5.0 : Seberapa cepat SSD Ini?


Salah satu standar terbaru untuk pasar konsumen adalah PCIe 5.0 atau PCIe Gen 5. Memungkinkan kecepatan hingga 63.015 GB per detik ketika menggunakan full set 16 PCIe lane (Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai PCIe lane disini).

Tentunya, penggunaan dan pemakaian yang memanfaatkan kecepatan ini masih memerlukan waktu untuk dikembangkan, tetapi penyimpanan siap digunakan setelah standar baru tersedia. SSD PCIE 5.0 NVMe seperti SSD SPATIUM M570 PRO M.2 terbaru dari MSI mendorong batas kecepatan sampai secepat kilat untuk memungkinkan pengalaman next-gen dalam berbagai aplikasi saat ini dan di masa depan! SSD PCIe 5.0 NVMe memiliki kecepatan read sekuensial hingga 12.4 Gb/s. Untuk perbandingan, kecepatan SSD PCIe 5.0 vs. SSD NVMe PCIe 3.0 pada umumnya, SSD PCIe 5.0 memiliki kecepatan hingga 5 kali lebih cepat!


MSI SPATIUM M570 PRO PCIe 5.0 SSD offers up to 5 times faster than PCIe 3.0 drives

           Perbandingan bentuk: Kiri: SSD PCIe 5.0; Kanan: SSD PCIe 3.0


Kompatibilitas: Semuanya Masih Berfungsi


PCIe selalu tidak cocok untuk backward compatibility, jadi sebagai contoh, Anda bisa saja menggunakan SSD PCIe 3.0 di slot PCIe 5.0 M.2 dan sebaliknya. Namun, tidak ideal karena kecepatannya akan terbatas pada standar terendah antara slot dan SSD sehingga bukan menjadi konfigurasi yang direkomendasikan.


Harga: Apakah Terjangkau?


Mengadopsi standar canggih lebih cepat daripada yang lain biasanya disertai dengan pajak pengguna awal yang signifikan karena beberapa alasan. Namun, seperti yang dibahas dalam artikel harga SSD kami, harga per GB pada perangkat penyimpanan flash tidak pernah lebih baik dari sekarang! Berkat kondisi pasar sekarang ini, drive PCIe 5.0 tetap terjangkau dibandingkan opsi lain di pasar.


Suhu: Rekomendasi Cooling untuk Output Performa yang Efisien dan Konsisten


Kecepatan diluar nalar yang ditawarkan drive PCIe 5.0 yang secara umum pasti tidak asing dengan panas berlebih yang harus diatasi oleh efisiensi throughout. Apabila Anda memiliki workload yang memerlukan performa read/write terus menerus pada SSD PCIe 5.0 tercepat di pasaran, direkomendasikan untuk menggunakan solusi termal untuk mempertahankan transfer rate yang konsisten.Ketika Anda sudah membeli SSD tercepat di pasar, Anda pasti tidak ingin memperlambat workflow agar gameplay menjadi lebih mulus atau berkonsentrasi pada project.


FROZR to maximize performance and prevent throttling.


Siapa yang Memerlukan PCIe 5.0?


Tidak semua orang memerlukan akses ke teknologi terbaru dan terhebat. Faktanya begitu. Namun, beberapa orang perlu akses ke perangkat-perangkat yang cepat ini untuk bekerja, hiburan, atau keduanya. Cek kategori berikut untuk memutuskan hasil akhir Anda. Apabila Anda merasa kebutuhan Anda disebutkan disini, mungkin, ini sudah waktunya untuk upgrade! Jika tidak, Anda dapat menunggu sampai nanti Anda ingin upgrade PC.


Penggemar


Apabila Anda selalu ingin memiliki hardware tercepat yang ada dan tidak sabar untuk merakit sistem yang menggunakan standar PCIe 5.0 terbaru, SSD PCIe 5.0 NVMe merupakan upgrade yang ideal dibandingkan drive PCIe 4.0 yang Anda gunakan. Berpindah ke solusi penyimpanan secepat kilat yang diciptakan untuk standar PCIe terbaru yang didukung oleh motherboard Anda memastikan bahwa Anda memaksimalkan performa yang ditawarkan motherboard Anda. Baik Anda gaming, overclocking, maupun bekerja, memiliki SSD tercepat yang bisa dibeli menjamin Anda tidak melewatkan performa sekecil apapun.


Hardcore Gamers


Apabila tidak ada yang memuaskan Anda selain terjun ke dunia virtual yang imersif, Anda dapat memanggil diri Anda gamer ‘sejati’ terlepas dari game apapun yang Anda mainkan. Semua upgrade hardware harus meningkatkan pengalaman Anda menjadi lebih imersif dan mulus untuk memberikan Anda sesi gaming yang fantastis dimanapun Anda duduk dan bermain. Game dengan banyak loading dan waktu loading awal yang laman dapat menghabiskan waktu dan mematahkan kondisi yang imersif, itulah kenapa kecepatan penyimpanan yang lebih cepat mulai menjadi penting. Ditambah dengan fakta bahwa Microsoft mengumumkan fitur baru terkait penyimpanan untuk game – DirectStorage memungkinkan GPU untuk load data game langsung dari SSD tanpa melewati CPU – sehingga prosesnya jauh lebih cepat!


Incredibly fast PCIe 5.0 SSD speeds to improve gaming immersion by reducing load times.


Konten Kreator dan Profesional


Workflow seperti video editing, 3G, 3D graphics, motion graphics, etc., seringkali perlu berinteraksi dengan file yang sangat besar. Penyimpanan Anda dapat mengalami bottleneck besar apabila aplikasi Anda dipaksa untuk menunggu read/write semua data dalam file ketika Anda membuka projek atau export/import.


PCIe 5.0 SSDs for the fastest video editing workflow.

           Upgrade ke solusi penyimpanan tercepat yang pernah ada, seperti SSD PCIe 5.0, untuk pekerjaan seperti video editing, Anda tidak akan mengalami bottleneck. Memastikan Anda dapat bekerja dengan aset dan projek besar tanpa mengorbankan lag atau freeze. Memungkinkan Anda untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dibandingkan menunggu – menghemat waktu yang berharga.


MSI SPATIUM M570 PRO PCIe 5.0 NVMe M.2 SSD


Sedangkan MSI memberikan pengalaman PCIe 5.0 yang sesungguhnya dengan SSD SPATIUM PCIe 5.0 NVMe, SPATIUM M570 PRO FROZR membawanya selangkah lebih maju. Selain memberikan kecepatan transfer yang luar biasa hingga 12.4 Gigabyte per detik, juga dilengkapi dengan heatsink FROZR untuk mengoptimalkan pembuangan panas. 

Heatsink FROZR menggabungkan triple core pipes, desain yang ditempatkan dengan baik, serta elevated fins untuk memaksimalkan perpindahan panas dan mempertahankan performa transfer yang maksimal saat pemakaian berat. Saat pengujian, MSI SPATIUM M570 PRO melihat adanya penurunan suhu sebesar 20°C – sehingga dapat mempertahankan performa maksimal selama mungkin!

Anda dapat menemukan detail lebih lanjut mengenai SPATIUM M570 PRO pada product pagenya disini!

Other News

See All
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
News
20 Sep
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
The NVIDIA® GeForce RTXTM GeForce RTX 4060 Ti 8GB, GeForce RTX 4060 Ti 16GB, and GeForce RTX 4060 Se...
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
News
11 Sep
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
Computing technology continues to advance in today's fast-paced digital world, becoming more efficie...
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
News
26 Sep
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
There are numerous options and characteristics to consider when selecting a new gaming monitor, whic...