Home
CATU DAYA TERBAIK UNTUK KARTU GRAFIS GEFORCE RTX 40 SUPER ANDA DARI ROG DAN TUF GAMING

CATU DAYA TERBAIK UNTUK KARTU GRAFIS GEFORCE RTX 40 SUPER ANDA DARI ROG DAN TUF GAMING

Teman jangan biarkan teman membeli pasokan listrik yang buruk. PSU adalah pahlawan tanpa tanda jasa bagi sistem Anda, membersihkan daya yang masuk dari dinding dan menyediakannya sesuai kebutuhan untuk setiap komponen PC Anda, semuanya pada voltase yang tepat. Dan jika Anda mengupgrade ke salah satu GPU GeForce RTX 40 SUPER terbaru NVIDIA, Anda mungkin perlu mengupgrade PSU Anda juga. Sangat penting untuk mendapatkan catu daya yang berkualitas, namun membelinya bisa menjadi rumit dengan cepat, jadi mari kita uraikan sedikit. 

Kami menawarkan beberapa lini produk berbeda terkait catu daya PC, masing-masing memiliki tampilan dan rangkaian fiturnya sendiri: 

  • Jajaran catu daya ROG Strix Aura Gold Edition menawarkan kinerja tinggi dalam paket yang mudah diakses, dengan ROG berkembang seperti logo RGB yang kompatibel dengan Aura Sync di bagian samping. 
  • Koleksi catu daya ROG Thor menawarkan watt tinggi dengan kinerja luar biasa, pendinginan luar biasa, dan efisiensi tak tertandingi untuk perangkat kelas atas, lengkap dengan pencahayaan Aura Sync RGB dan layar OLED kecil di bagian samping yang menunjukkan penggunaan daya Anda saat ini. 
  • ROG Loki , seperti namanya, adalah saudara yang lebih kecil dari lini Thor, memberikan efisiensi Platinum dalam ukuran SFX-L untuk build Mini-ITX dengan faktor bentuk kecil. 
  • Catu daya ASUS TUF Gaming Gold menawarkan daya yang efisien dan dapat diandalkan untuk semua lini, dirancang untuk bertahan dalam ujian waktu dan memberi daya pada rig (atau rig) Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Namun, bahkan dalam lini produk yang berbeda tersebut, Anda harus mempersempit pilihan Anda. Inilah segala hal yang perlu dipertimbangkan saat berbelanja catu daya. 


Berapa banyak daya yang Anda butuhkan?

 

Bagan yang menunjukkan watt catu daya yang direkomendasikan untuk berbagai konfigurasi PC.

Sebelum Anda memilih catu daya, Anda perlu mempersempit kebutuhan daya Anda. ASUS dan ROG menawarkan opsi mulai dari 750 watt hingga 1600 watt dengan ROG Thor 1600W Titanium . Jika Anda tidak yakin apa yang dibutuhkan mesin Anda berikutnya, kami memiliki tabel praktis untuk GPU NVIDIA dan AMD, dulu dan sekarang, yang menunjukkan watt yang Anda perlukan berdasarkan CPU dan GPU Anda.

Oleh karena itu, kami sering menyarankan untuk memilih catu daya satu tingkat lebih tinggi dari yang dibutuhkan, karena overhead tambahan akan membantu jika Anda menambahkan banyak perangkat USB, berencana melakukan overclocking sistem, atau ingin mempersiapkan diri untuk masa depan — catu daya yang baik dapat bertahan dalam beberapa kali pembuatan, dan catu daya ROG dan TUF Gaming kami dilengkapi dengan garansi sepuluh tahun sehingga Anda dapat membeli dengan percaya diri untuk jangka panjang.

  • Jika Anda menginginkan GeForce RTX 4080 SUPER baru, kami merekomendasikan salah satu catu daya papan atas kami seperti ROG Thor 1000W Platinum II . Komponen premium dan efisiensi luar biasa menjadikannya salah satu catu daya paling senyap di kelasnya. Jika Anda sedang membangun sistem berbiaya rendah,  TUF Gaming 1000W Gold  juga merupakan pasangan yang baik dengan GeForce RTX 4080 SUPER. 
  • Untuk GeForce RTX 4070 Ti SUPER, kami akan melihat  ROG Thor 850W Platinum II , yang menawarkan komponen dan efisiensi kelas atas yang sama dengan versi 1000W, tetapi dengan watt yang sedikit lebih rendah. Kami juga merekomendasikan  TUF Gaming 850W Gold  jika Anda menginginkan opsi yang lebih mudah. 
  • GeForce RTX 4070 SUPER tidak memerlukan daya sebanyak saudaranya, namun Anda tetap menginginkan catu daya dengan dukungan asli 16-pin 12VHPWR, jadi lihatlah ROG  Strix 750W Gold Aura Edition ,  TUF Gaming 750W Gold , atau  ASUS Prime 750W Gold , yang akan terlihat luar biasa dengan varian ASUS Dual yang kami tawarkan untuk GPU ini. 

Untuk opsi catu daya lainnya dan kalkulator yang akan membantu Anda menemukan watt yang tepat untuk sistem Anda, lihat  portal Catu Daya kami . Anda juga dapat membaca lebih lanjut tentang  rekomendasi kami dalam memilih catu daya di sini .







Jangan buang, jangan mau: Pilih tingkat efisiensi Anda 


Bagan yang menunjukkan efisiensi berbagai catu daya pada rentang watt.

Rekomendasi di atas akan membawa Anda ke tempat yang Anda tuju, namun jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang arti semua istilah tersebut, di mana Anda bisa menemukannya. Peringkat daya maksimum, atau watt maksimum, adalah cara terbaik untuk memahami kemampuan catu daya, namun Anda juga harus mempertimbangkan peringkat efisiensi PSU. Ketika catu daya mengambil listrik dari dinding, sebagian listrik akan hilang dalam konversi komponen Anda. Semakin tinggi efisiensi catu daya, semakin baik pula dalam mengubah satu watt daya dari dinding menjadi satu watt daya untuk PC Anda, yang berarti tagihan listrik lebih rendah, panas lebih sedikit, dan kebisingan lebih sedikit. Catu daya yang kurang efisien mungkin memiliki biaya di muka yang lebih murah, namun Anda akhirnya membayar lebih banyak listrik yang tidak pernah sampai ke mesin game Anda dan malah hilang sebagai limbah panas. 

Untungnya, semua catu daya ROG dan TUF Gaming saat ini memiliki peringkat 80 Plus Gold atau lebih tinggi, artinya ketika dijalankan pada beban 50%, keduanya dapat mengubah 90% daya AC dari dinding menjadi daya DC untuk komputer Anda. Catu daya yang lebih premium seperti Thor 1000W Platinum II atau Thor 1600W Titanium meningkatkan efisiensi lebih jauh lagi, menawarkan teknologi PSU modern terbaik.

Manajemen kabel yang mudah: Modular vs Non-Modular 


Tampilan jarak dekat dari kabel catu daya modular yang dicabut.

Banyak catu daya yang semua kabelnya terpasang pada unit utama, sehingga Anda cukup menyambungkannya dan menggunakannya — namun kabel tersebut juga dapat membuat kabel di dalam mesin Anda berantakan. Semua catu daya ROG dan TUF Gaming bersifat modular, artinya memungkinkan Anda melepaskan kabel yang tidak digunakan agar terlihat lebih rapi. Tidak punya perangkat SATA? Tidak masalah, tinggalkan saja kabel-kabel tersebut di dalam kotaknya dan selamatkan diri Anda dari kerumitan pengelolaan kabel sejak awal. 

Selain itu, banyak kartu grafis generasi saat ini menggunakan standar 12VHPWR yang baru. Unit ROG dan TUF Gaming generasi saat ini dilengkapi dengan kabel 12VHPWR khusus, yang berarti Anda tidak memerlukan adaptor untuk kartu grafis yang menggunakan konektor tersebut. Dan keindahan dari modularitas adalah jika Anda memiliki GPU dengan konektor daya PCIe 8-pin standar, PSU ROG Anda juga akan memiliki rangkaian kabel lengkap untuk mendukung kartu tersebut.

Manjakan diri Anda dengan sesuatu yang ekstra 


Catu daya ROG Thor di dalam PC desktop, menampilkan 100W pada layar OLED.

Catu daya ROG kami tidak akan sesuai dengan namanya jika tidak menyertakan beberapa fitur khas kami. Seperti disebutkan di atas, PSU Thor kami mendukung pencahayaan Aura Sync RGB dan dilengkapi layar OLED internal, yang keduanya dapat dikontrol melalui Armory Crate. Dengan satu sentuhan tombol, Anda dapat dengan mudah mengoordinasikan pencahayaan RGB PSU Anda dengan perangkat lainnya, dan layar OLED memungkinkan Anda mengawasi kinerja sistem Anda, tanpa memerlukan perangkat lunak pemantauan. Lini Thor juga dilengkapi dengan kabel dan sisir berlengan khusus, memberikan sistem Anda kesan berkelas dan mudah dikelola. 

Kami juga telah membangun solusi pendinginan yang luar biasa untuk semua catu daya ROG kami, dengan heatsink tambahan terpasang yang tidak diperlukan untuk pengoperasian normal. Artinya, bahkan pada beberapa beban permainan, kipas tidak perlu diaktifkan untuk menghilangkan panasnya, sehingga pengoperasian Anda benar-benar senyap. Saat dibutuhkan, teknologi Axial 135mm tersebut dapat berputar lebih lambat agar tetap senyap setiap saat.  

Catu daya ROG Loki Platinum White Edition dengan latar belakang hitam.

Terakhir, meskipun warna hitam dapat digunakan pada sebagian besar build, beberapa pembuat lebih memilih tema putih untuk mencerahkan sistem mereka. Oleh karena itu, kami mengembangkan edisi putih untuk beberapa catu daya kami, seperti ROG Loki 850W Platinum White Edition . Dibuat dengan komponen kelas atas yang sama, namun dilapisi warna putih dan dipasangkan dengan kabel modular penuh berwarna putih yang serasi, bangunan Anda tidak akan pernah terlihat sama. 

Apa pun catu daya yang Anda pilih, Anda dapat merasa yakin bahwa sistem Anda akan menerima daya yang andal dan stabil untuk komponen apa pun yang Anda masukkan ke dalam PC gaming Anda. Lihat rangkaian lengkap pasokan listrik kami di sini untuk menemukan yang tepat untuk Anda. 







Other News

See All
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
News
20 Sep
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
The NVIDIA® GeForce RTXTM GeForce RTX 4060 Ti 8GB, GeForce RTX 4060 Ti 16GB, and GeForce RTX 4060 Se...
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
News
11 Sep
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
Computing technology continues to advance in today's fast-paced digital world, becoming more efficie...
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
News
26 Sep
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
There are numerous options and characteristics to consider when selecting a new gaming monitor, whic...